Struktur Organisasi (STO)
Struktur Organisasi (STO) dalam sebuah perusahaan di maksudkan untuk merumuskan tugas pokok dan fungsi yang terbagi dalam unit – unit bagian divisi atau departemen agar meminamilisir terjadinya overlapping dalam setiap unit atau divisi. Dalam struktur organisasi juga terdapat span of control (rentang pengendalian) para pimpinan unit untuk memperjelas jumlah unit yang akan di bawahi
Pentingnya struktur organisasi juga untuk mengatur hubungan yang baik antar unit maupun intern unit itu sendiri. itu dimaksudkan agar memanfaatkan semua kemampuan ke suatu tujuan perusahaan sesuai dengan visi misi perusahaan.selain itu akan mempermudah dalam pengintegrasian fungsi fungsi dalam perusahaan agar efektif dan efisien.
Ada berbagai macam bentuk struktur organisasi sesuai dengan fungsinya, di antaranya ialah :
- 3 Organisasi Lini dan Staff
- Organisasi Matrik
- Organisasi Komite
Organisasi ini ialah penggabungan antara organisasi lini garis dan fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Kelebihannya ialah Staffing dilaksanakan sesuai prinsip the right man on the right place dan kekurangannya ialah Proses decesion makin berliku-liku.
Organisasi seperti banyak di pakai oleh perusahaan – perusahaan kontraktor atau yang bergerak di bidang proyek. Karena dalam susunan struktur organisasi matrik akan di atur pimpinan untuk masing masing projek yang akan di susun. Kelebihan organisasi seperti ini ialah fokus utama penyelesaian project akan semakin cepat baik pengerjaan maupun decison makingnya sementara kekuranannya ialah pimpinan proyek tak bisa mengkoordinir berbagai bagian yang berbeda hingga menghadapi kesulitan dalam mengembangkan team yang terpadu dikarenakan penyimpangan pclaksanaan perintah untuk masing-masing individu.
Biasanya di gunakan untuk perusahaan nirlaba yang berorientasi untuk kepentingan masyarakat umum. Jenis organisasi ini di buat untuk merumuskan keputusan yang di atur secara kolektif oleh eksekutif komite. kelebihannya ialah Pelaksanaan decision making berlangsung baik karena terjadi musyawarah dengan pemegang saham maupun dewan, sedangkan kekurangannya ialah Kalau ada masalah sering kali terjadi penghindaran siapa yang bertanggung jawab.
Dari berbagai macam jenis struktur organisasi akan dilihat sesuai dengan jenis dan fungsi perusahaan itu sendiri, dan sesuai dengan kondisi perusahaan tersebut. ada beberapa faktor yang menentukan perancangan tipe organisasi yakni strategi organisasi pencapaian tujuan, perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi output, besarnya organisasi dan satuan kerjanya yang akan mempengaruhi struktur organisasi.
Baiklah , mari organisasinya dulu dibenahi, struktur, siapa atasan-bawahan, garis komando (ordinatnya), garis koordinasi, kemudian Jobdisknya, Job spek dilengkapi dengan SOP, dst.
Jika berkenan silakan share pengalaman anda di kolom komentar 🙂
Tidak ada komentar:
Posting Komentar