Perum Duta Asri Palem3 RT006/RW 011 Dari Masa Ke Masa

STRUKTUR ORGANISASI "STO" Adalah

Struktur Organisasi (STO)

Struktur Organisasi (STO) dalam sebuah perusahaan di maksudkan untuk merumuskan tugas pokok dan fungsi yang terbagi dalam unit – unit bagian divisi atau departemen agar meminamilisir terjadinya overlapping dalam setiap unit atau divisi. Dalam struktur organisasi juga terdapat span of control (rentang pengendalian) para pimpinan unit untuk memperjelas jumlah unit yang akan di bawahi

Pentingnya struktur organisasi juga untuk mengatur hubungan yang baik antar unit maupun intern unit itu sendiri. itu dimaksudkan agar memanfaatkan semua kemampuan ke suatu tujuan perusahaan sesuai dengan visi misi perusahaan.selain itu akan mempermudah dalam pengintegrasian fungsi fungsi dalam perusahaan agar efektif dan efisien.

Ada berbagai macam bentuk struktur organisasi sesuai dengan fungsinya, di antaranya ialah :

  1. 3 Organisasi Lini dan Staff
  2. Organisasi ini ialah penggabungan antara organisasi lini garis dan fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Kelebihannya ialah Staffing dilaksanakan sesuai prinsip the right man on the right place dan kekurangannya ialah Proses decesion makin berliku-liku.

  3. Organisasi Matrik
  4. Organisasi seperti banyak di pakai oleh perusahaan – perusahaan kontraktor atau yang bergerak di bidang proyek. Karena dalam susunan struktur organisasi matrik akan di atur pimpinan untuk masing masing projek yang akan di susun. Kelebihan organisasi seperti ini ialah fokus utama penyelesaian project akan semakin cepat baik pengerjaan maupun decison makingnya sementara kekuranannya ialah pimpinan proyek tak bisa mengkoor­dinir berbagai bagian yang berbeda hingga menghadapi kesulitan dalam mengembangkan team yang terpadu dikarenakan penyimpangan pclaksanaan perintah untuk masing-masing individu.

  5. Organisasi Komite

Biasanya di gunakan untuk perusahaan nirlaba yang berorientasi untuk kepentingan masyarakat umum. Jenis organisasi ini di buat untuk merumuskan keputusan yang di atur secara kolektif oleh eksekutif komite. kelebihannya ialah Pelaksanaan decision making berlangsung baik karena terjadi musyawarah dengan pemegang saham maupun dewan, sedangkan kekurangannya ialah Kalau ada masalah sering kali terjadi penghindaran siapa yang bertanggung jawab.

Dari berbagai macam jenis struktur organisasi akan dilihat sesuai dengan jenis dan fungsi perusahaan itu sendiri, dan sesuai dengan kondisi perusahaan tersebut. ada beberapa faktor yang menentukan perancangan tipe organisasi yakni strategi organisasi pencapaian tujuan, perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi output, besarnya organisasi dan satuan kerjanya yang akan mempengaruhi struktur organisasi.

Baiklah , mari organisasinya dulu dibenahi, struktur, siapa atasan-bawahan, garis komando (ordinatnya), garis koordinasi, kemudian Jobdisknya, Job spek dilengkapi dengan SOP, dst.

Jika berkenan silakan share pengalaman anda di kolom komentar 🙂


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekarang Tanggal:

Entri Populer

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Doa Ibrahim da Ismail a.s

Doa Ibrahim dan Ismail Agar Dijadikan Muslim/Taat

Qs Al-Baqarah,002,128

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (١٢٨)

128. Ya Tuhan Kami, Jadikanlah Kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu Kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada Kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji Kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Pages

Theme Support

Perlu bantuan kami untuk mengunggah atau menyesuaikan template blogger ini? Hubungi saya dengan detail tentang penyesuaian tema yang Anda butuhkan.